Review Konten Rumah Belajar Dengan Teknik STT & TTS

Dalam rangka pemenuhan tugas pelatihan VCI 100 Batch 5 Jakarta 2 maka saya membuat suatu video untuk mereview konten yang ada di situs rumah belajar. Ada 2 (dua) konten yang akan saya review yaitu pada menu sumber belajar pengetahuan populer (umum) dengan kategori Berkebun yang membahas tentang Tips Merawat Aglaonema. Review ini saya sampaikan dengan menggunakan teknik STT (Speech To Text).

Konten yang kedua dengan kategori Elektronika membahas tentang Cara Memotret.
Untuk review ini saya sampaikan dengan cara TTS (Text To  Speech).


Review 1 Konten Rumah Belajar Dengan Teknik STT (Speech To Text)





Tanaman Aglaonema atau lebih populer dengan nama Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang juga biasa disebut sebagai ratu tanaman. Tanaman daun ini biasanya dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Bentuknya anggun, cantik  dan menarik dengan warna-warna dan corak daun yang bermacam-macam.
Nilai bisnis tanaman hias ini amat tinggi. 
Harga tanaman hias Aglaonema dapat sangat mahal jika telah menjadi tanaman hias yang cantik.
Dalam pembahasan tentang Tips merawat tanaman aglonema, sudah dipaparkan dengan jelas tentang Pertumbuhan aglonema, Media Tanamnya, Perawatannya, dan Seni Mempercantik serta Keunikan Tanamannya.
Dalam seni mempercantik aglonema disajikan gambar langkah-langkah proses pemisahan rumpun aglaonema dan juga gambar tahapan perbanyakan tanaman dengan mata tunas.
Ini cukup membantu bagi pemula untuk mencoba menanam dan memperbanyak tanaman aglonema.
Namun di sini tidak dijelaskan secara rinci mengenai alat ukur untuk perbandingan media tanam yang digunakan. Dan belum dijelaskan lebih lanjut mengenai perawatan aglonema untuk masing-masing jenis.
Apalagi untuk aglonema dengan jenis tertentu, ada yang tidak bisa dirawat seala kadarnya. 
Karena sepengetahuan saya, ada jenis aglonema tertentu yang harus memiliki perawatan ekstra.
Semakin bagus warnanya, semakin banyak daunnya dan semakin sulit perawatannya maka semakin mahal pula harga jualnya. 
Sebaiknya untuk aglonema jenis khusus ini dijelaskan lebih rinci tentang perawatannya.
Selanjutnya untuk pupuk yang digunakan, agar hasilnya pas dan pasti tepat sasaran sebaiknya disebutkan merknya juga tidak apa-apa. Daripada pengguna membeli pupuk merk A ternyata tidak ada pengaruhnya terhadap pertumbuhan lebih baik langsung membeli pupuk yang memang diperuntukkan untuk tanaman hias ini.


Review 2 Konten Rumah Belajar Dengan Teknik TTS (Text To Speech)






Fotografi merupakan salah satu seni dari sebuah gambar yang dipotret. Seiring dengan perkembangan zaman hobi fotografi menjadi hobi yang populer di kalangan masyarakat.
Menghasilkan sebuah karya foto yang unik dan menarik pada dasarnya bukan hal yang sulit, kita hanya perlu belajar teknik dasar fotografi terlebih dahulu. Namun ketika kita baru pertama kali memiliki atau bahkan memegang kamera, terkadang itu bisa jadi hal yang cukup menegangkan.
Dalam konten rumah belajar yang membahas tentang cara memotret, dijelaskan  tentang penggunaan still camera, mengukur cahaya dan komposisi pada saat memotret disertai dengan gambar-gambar yang dapat memandu pemula untuk belajar cara memotret.
Namun ada beberapa permasalahan pada materi penggunaan still camera. Sub materi cara membidik dan cara memfocus tidak ada penjelasannya. Hal ini disebabkan karena tautan yang disediakan tidak dapat mengakses materi. Belum diketahui apakah memang pembahasan ini akan dijelaskan dikemudian hari atau dikarenakan broken link sehingga pesan tidak tersampaikan secara utuh.
Demikian pula pada materi komposisi. Sub materi formal balance, Informal Balance dan Dinamic (Movement ) juga tidak dapat terbuka penjelasannya.
Jadi saran saya sebaiknya penyaji materi memperbaiki tautan materi yang terputus dengan memberikan informasi yang utuh tentang materi cara memotret. Karena sebenarnya materi ini cukup menarik untuk pemula yang ingin belajar mengenal dunia fotografi yang dimulai dengan mengenal alat pendukungnya yaitu kamera.


Komentar