INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE

MATA PELAJARAN: INFORMATIKA

KELAS: X


TUJUAN PEMBELAJARAN 

  1. Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, pengolah angka dan presentasi). 
  2. Membuat Table of Content, Embed, dan Mail Merge
  3. Membuat grafik dengan menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel
  4. Memakai fitur lanjut aplikasi office untuk membuat Hyperlink di Ms Powerpoint ke Ms Word




APA ITU INTEGRASI?

Tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Untuk itu suatu data atau sistem yang terintegrasi tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena Informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi, tentunya untuk membantu organisasi atau perusahaan. 

Aliran informasi diantara sistem sangat bermanfaat bila data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya.


DEFINISI INTEGRASI

Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.


PEMBAGIAN INTEGRASI

  1. Integrasi Data : proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajeman informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna.  
  2. Integrasi Sistem (Integrated System) : Rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa system komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.  


MANFAAT INTEGRASI

1. Satu Sumber Utama

Selama ini, mungkin kita tidak sadar kalau ada banyak waktu yang terbuang untuk mencari data atau informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah. Tentu saja ini dikarenakan Kita harus mencari data di beberapa sistem yang berbeda yang tersebar di beberapa divisi misalnya jika dalam perusahaan. Dengan sistem integrasi maka hal ini tidak akan terjadi. Sistem integrasi memungkinkan seluruh data berada pada satu sistem dan selalu diperbaharui, tanpa peduli divisi atau sub-sistem mana yang melakukan pembaruan.


2. Database Tertata Rapi

Dewasa ini salah satu hal penting dalam bisnis adalah data dan informasi. Database yang tertata rapi dan mudah diakses tentu akan menjadi keunggulan suatu perusahaan. Selain dapat menghemat waktu dan menekan biaya operasional, database yang rapi akan membuat suatu perusahaan akan lebih unggul dari perusahaan lain karena perusahaan yang memiliki integrasi yang baik akan mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan lebih cepat daripada perusahaan saingannya.


3. User Interface yang lebih konsisten

Dengan menggunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan maka kita  dapat memastikan kalau setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki user interface yang sama. Hal ini sangat penting. salah satunya untuk menyingkat proses adaptasi karyawan sebagai user dengan sistem yang digunakan tanpa mengalami kebingungan dengan sistem yang berbeda di setiap divisi atau bagian.


CARA MENGINTEGRASIKAN APLIKASI

1. Pemanggilan Prosedur/function

Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.

2. Messaging

Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan

3. Sharing Database

Pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh datanya ke suatu table di database untuk kemudian dibaca oleh penerima

4. File Transfer

adalah mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.


INTEGRASI ANTAR APLIKASI MICROSOFT OFFICE

Microsoft Office merupakan software atau perangkat lunak yang paling sering digunakan, mulai dari pelajar hingga pekerja profesional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.

Microsoft Word, merupakan aplikasi pengolah kata yang saat ini sudah dikenal mulai dari anak SD hingga anak kuliahan dan di gunakan juga di perkantoran. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Ms.Word. Contoh nya, membuat surat, membuat tabel, input gambar, membuat desain sederhana, membuat dokumen, dan berbagai macam pengolahan data lainnya. 

Microsoft Excel, pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik. Dengan Ms.Excel pengguna dapat membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan. Microsoft Excel  merupakan program populer yang Jika kalian pelajari lebih jauh memiliki kelebihan dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

Microsoft Power point, berfungsi sebagai media presentasi dengan menggunakan slide. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dimudahkan untuk melakukan presentasi, selain itu dalam Power Point juga terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi menjadi jauh lebih menarik.


Contoh Integrasi Pada Aplikasi Ms Office:

  • Membuat Table Of Content pada Ms Word
  • Linking and Embed pada Aplikasi Ms Office
  • Membuat Surat Massal pada Ms Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms Excel atau Ms Access
  • Membuat Grafik pada Aplikasi Ms Office


Pemahaman Kompetensi:

  1. Apa yang dimaksud dengan integrasi!
  2. Jelaskan apa yang dimaksud integrasi data dan integrasi sistem!
  3. Apa manfaat dari integrasi?
  4. Sebutkan 4 cara untuk mengintegrasikan aplikasi yang satu dengan aplikasi lainnya!
  5. Berikan 3 contoh Integrasi yang ada pada Ms Office!




Komentar